Silahkan Share

pria-wajib-tau-agenfirmax3

Prostat adalah salah satu organ penting pada area genital pria yang berlokasi pada rongga pinggul tepatnya di antara kandung kemih dan penis. Prostat sendiri adalah kelenjar khusus seukuran kacang kenari yang berfungsi untuk memproduksi air mani, cairan yang menyertai sperma ketika keluar untuk melindungi sperma dan menjaga fungsi sperma tetap solid.

Ada demikian banyak keluhan terkait prostat, dan seluruhnya hanya diderita oleh kaum pria, mengingat prostat adalah organ vital dari kaum pria dan tidak akan dijumpai pada kaum wanita. Kasus pembengkakan sperma adalah jenis keluhan yang paling banyak muncul di kalangan pria usia di atas 50 tahun. Di dunia medis barat penyakit ini lebih dikenal dengan istilah Benign Prostatic Hyperplasia (BPH).

Pembengkakan terjadi pada pembesaran jaringan dalam kelenjar prostat yang sifatnya jinak dan cenderung tidak memiliki pembawaan kanker atau merusak sel-sel di sekitarnya. Pembesaran jaringan pada pembengkakan prostat ini hanya memberi efek sumbatan pada sistem pengeluaran air mani dan menyumbat aliran air seni sehingga biasanya mengganggu fungsi ureter dan uretra.

Penyakit ini kerap kali tidak disadari oleh pasien, karena keluhan awalnya yang samar. Apalagi sebenarnya gejala yang muncul cenderung mirip dengan jenis penyakit-penyakit lain seputaran area kemih dan prostat.

Secara umum berikut adalah beberapa tanda atau gejala yang biasa muncul pada penderita pembengkakan prostat:

  • Kerap merasa ingin kencing, anyang-anyangan dan terus seperti tidak puas dalam berkemih.
  • Kerap merasa ingin kencing mendadak di malam hari.
  • Kencing terasa perih, linu kadang keluarnya seni tidak lancar sampai harus didorong dengan mengejan.
  • Kencing disertai dengan darah.
  • Aktivitas seksual juga terganggu dengan aliran mani yang tidak lancar.

Keluhan di atas memang terbilang samar. Beberapa keluhan lain seputaran penyakit prostat dan kemih lain juga memiliki gejala mirip seperti prostatitis, batu ginjasignal, infeksi saluran kencing, kanker prostatsignal, kanker kandung kemih dan keluhan sejenis lain. Ini karena kebanyakan keluhan sejenis ini berpengaruh besar terhadap laju aliran kencing dari ginjal, uretra, ureter sampai penis.

Apa Sebenanya yang Terjadi dengan Pembengkakan Prostat?

Beberapa pakar belum bisa memberikan kesepakatan mengenai apa sebenarnya yang menyebabkan pembengkakan prostat. Beberapa pakar melihat kondisi ini sebagai reaksi terhadap perubahan hormonal dalam sistem genital pria, terkait dengan fakta bahwa fungsi dari kelenjar prostat sanat bergantung pada jumlah hormon testosteron yang ada pada tubuh seorang pria.

Keluhan pembengkakan prostat terjadi ketika sel pada prostat mulai membelah diri berlebihan dan tumbuh berlebihan. Jadi pembengkakan ini sebenarnya tidak berkaitan dengan jumlah cairan berlebihan yang terendap dalam prostat, tetapi karena pertumbuhan sel prostat yang berlebihan atau penebalan jaringan.

Masalah bisa muncul ketika penebalan ini mulai menghambat jalur aliran urin. Urin yang tersumbat di dalam saluran akan mengendap dan menyebabkan beberapa keluhan. Otot pada saluran uretra bisa membesar dan menyebabkan sel dinding uretra mengalami sensitifitas berlebihan, bahkan menyebabkan dorongan ingin kencing yang hebat meski jumlah air kencing yang tersimpan di dalamnya tidak banyak.

Efek penebalan pada dinding saluran kencing akan memburuk bila kondisi ini dibiarkan terus menerus. Bagaimanapun air urin mengandung sejumlah toksin yang bila dibiarkan mengendap akan menyebabkan tingginya kadar toksin dalam tubuh. Bahkan lebih buruk bisa memicu beragam keluhan seperti keluhan ginjal, batu ginjal, infeksi serius pada saluran kencing, infeksi prostat dan memicu pembengkakan menjadi ganas atau menjadi kanker.

Dari sisi pendorong, beberapa pakar meyakini bahwa kondisi-kondisi tertentu pada pasien dapat menjadi pemicu seseorang mengalami pembengkakan prostat. Beberapa faktor tersebut antara lain turunan, pola konsumsi, kondisi kesehatan di usia tua, pola aktivitas seksual dan beberapa penyakit pemicu seperti mereka dengan keluhan diabetessignal cenderung lebih rentan mengalami pembengkakan prostat.

Kapan Sebaiknya Anda Mulai Waspada dengan Pembengkakan Prostat?

Secara umum, keluhan pembengkakan prostat dikeluhkan oleh sebagian besar pria. Bahkan di Webmd, dikatakan keluhan pembengkakan prostat sama kerapnya terjadi dengan keluhan rambut yang memutih. Hanya saja sebagian besar hanya berupa keluhan ringan yang tidak perlu dikhawatirkan, selain tentu saja menyebabkan kaum pria manula cenderung lebih udah kencing dan sulit menahan keinginan kencing.

Namun ketika kencing terjadi semakin kerap, bahkan terjadi hampir tiap 2 jam, terus merasa anyang-anyangan, pegal di area pinggang dan perut bawah, kencing malam juga terjadi lebih kerap dan acapkali tak tertahankan, dan pria cenderung mengalami kesulita untuk bisa mengalami ereksi serta mengalami penurunan kuantitas semen yang signifikan, sebaiknya Anda mulai memeriksakan diri.

Biasanya dokter akan melakukan sejumlah test untuk memastikan kondisi prostat. Sebagaimana sudah kami sampaikan beberapa keluhan yang muncul tidak bisa serta merta didiagnosa sebagai pembengkakan prostat, karena sebagian besar penyakit pada area yang sama juga memunculkan keluhan yang sama. Beberapa test akan dilakukan seperti:

  • Test urine

    Test ini dlakukan untuk mengetahui kadar protein dalam urin dan kadar darah dalam urin. Kadang dari sini Anda bisa mengetahui apakah terjadi perdarahan atau infeksi di dalam saluran kencing.

  • Test darah

    Test ini dilakukan dengan pengambilan sampel darah dari area prostat untuk memastikan kadar protein khusus yang diproduksi oleh prostat. Bila kadar protein dalam dsignalarah tinggi besar kemungkinan terjadi pembengkakan prostat. Atau setidaknya keluhan prostat.

  • Test aliran urin

    Biasanya untuk pengetestan ini dokter akan memasang kateter dengan mikro kamera yang dimasukan ke dalam saluran kencing. Test ini akan melihat adanya sumbatan yang sekiranya terjadi sepanjang saluran kencing.

  • CT Urogram

    Pengambilan foto scan dengan perangkat radiologi yang bertujuan melihat saluran kencing termasuk melihat adanya sumbatan yang terjadi di sepanjang saluran kencing.

  • USG transrektal

    Cara lain untuk melihat keberadaan sumbatan dan pembengkakan prostat adalah denga melakukan USG oral yang dilakukan dengan memasukan perangkat pembacaaan USG ke dalam lubang dubur. Dari perangkat ini pembengkakan dan sumbatan akan terlihat lebih jelas dari perangkat lainnya.

Demikianlah sudah dijabarkan informasi mengenai pembengkakan prostat. Jika Anda seorang pria yang sudah berada di usia rentan dan sudah mulai merasakan tanda-tanda keanehan pada prostat, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat bekerja sama dengan dokter untuk menangani problem prostat.

Silahkan Berikan Pendapat
Silahkan Share